Dampak Kafein Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Kesehatan

Dampak Kafein Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

 

Kalian pecinta kopi? Ya, saya dulu juga pecinta kopi, namun sekarang mencoba untuk mengurangi atau tidak meminumnya, meskipun terkadang khilaf..hehehe
Membahas tentang kafein memang hampir semua orang tau. Bahkan Dampak Kafein Untuk Kesehatan sebenarnya mereka juga mengetahuinya. Namun bagi orang yang terlalu sering mengonsumsi minumam yang mengandung kafein akan sulit untuk dihindari. Secara ilmiah kafein merupakan sebuah zat stimulan yang mampu untuk merangsang sistem kerja syaraf pusat. Sehingga orang yang mengonsumsinya akan merasa lebih energik dibandingkan dengan yang tidak.
Sebenarnya untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tersebut tidak apa-apa. Ketika kadar yang di konsumsi tersebut takarannya tepat. Diantara minuman yang mengandung kafein adalah kopi dan teh. Ketika Anda mengonsumsi kopi dan teh dengan jumlah atau kadar yang berlebihan maka akan berimbas terjadi hal-hal sebagai berikut:
Menimbulkan sakit kepala
Di beberapa obat sakit kepala kafein memang memiliki manfaat untuk menyembuhkan. Namun hal tersebut dalam kadar yang telah di tetapkan oleh kesehatan. Akan tetapi di lain pihak ternyata kafein juga menyebabkan sakit kepala ketika Anda mengonsumsinya berlebihan. Misalkan Anda merupakan peminum kopi berat. Sehingga suatu hari berhenti minum kopi. Maka, Anda akan mengalami sakit kepala.
Menyebabkan kecanduan kafein
Kafein yang Anda konsumsi secara keseringan juga akan menimbulkan dampak yang kurang baik. Dampak Kafein Untuk Kesehatan yang kurang baik tersebut salah satunya adalah menimbulkan kecanduan. Misalkan sebagai penghobi minum kopi, Anda akan merasa tidak lengkap dalam beraktivitas ketika Anda tidak mengonsumsi kopi. Dan ingin selalu meminum kopi tersebut.
 
Mengakibatkan masalah pencernaan pada organ tubuh manusia
Masalah ini kebanyakan ditimbulkan ketika seseorang mengonsumsi kafein dalam kondisi belum makan. Misalkan di pagi hari, sebelum Anda sarapan sudah meminum kopi. Biasanya Anda akan terserang sakit perut ketika melakukan hal demikian.
Tekanan darah meningkat
Sesuai dengan efek yang di timbulkan dari mengonsumsi kafein. Yaitu dapat menyebabkan tubuh lebih tahan lama dari biasanya. Sehingga hal ini menyebabkan kinerja jantung dua kali lebih cepat. Sehingga menyebabkan tekanan darah naik.
Demikianlah sedikit uraian tentang Dampak Kafein Untuk Kesehatan diri manusia. Semoga bisa bermanfaat dan digunakan sebagai acuan dalam memperhatikan kesehatan tubuh Anda.

4 Comments

Post Comment