Search

Cara Merawat Laptop Kesayangan Yang Sederhana Nan Mudah


Hampir semua orang membutuhkan laptop. Mereka menggunakan laptop untuk berbagai macam keperluan. Ada yang menggunakannya untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, untuk bekerja, dan untuk keperluan-keperluan yang lainnya. Fungsi dari laptop ini sudah dipastikan banyak sekali, bahkan kita menggunakannya dengan cara nonstop. Maka dari itulah kita harus mengetahui cara-cara merawat laptop dengan benar.

Tujuan dari cara-cara merawat laptop tersebut adalah untuk membuat agar laptop kesayangan kita terhindar dari kerusakan. Sehingga akan selalu melancarkan kegiatan kita melalui laptop kesayangan.

Harga laptop yang mahal kini sudah bukan lagi hambatan bagi orang-orang untuk membelinya, karena laptop sudah menjadi kebutuhan primer dewasa ini. Ditambah lagi dengan banyaknya pekerjaan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui laptop. Ada pekerjaan online writer, blogger, online shop, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan menggunakan laptop, kita bisa melakukan pekerjaan di mana saja, dan dengan adanya kuota internet kita bisa mengakses internet kapan pun.

Oleh karena itulah, laptop harus dirawat dengan benar agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang atau awet. Dengan selalu memperhatikan cara-cara merawat laptop yang baik, kegiatan kita akan lebih cepat dan mudah.

Tata cara merawat laptop yang benar
Laptop yang digunakan secara terus menerus akan rusak. Kerusakan bisa terjadi pada perangkat keras atau hardware maupun perangkat lunaknya atau softwarenya. Bahkan laptop yang tidak pernah digunakan pun bisa rusak. Kerusakan-kerusakan tersebut terjadi karena beberapa sebab, namun yang pasti adalah karena perawatan yang kurang bemar.

Adapun tata cara merawat laptop yang bisa kita lakukan, yakni sebagai berikut :
1. Selalu bersihkan hardware yang terlihat
Komponen hardware pada laptop ada yang terlihat dan ada yang terlihat karena terletak di dalam tubuh laptop. Untuk perawatan laptop yang mudah, kita bisa membersihkan hardware yang terlihat, seperti; monitornya, keyboard-nya, dan bagian tubuh laptop bagian luar.
Jika kita ingin tahu cara merawat laptop pada bagian hardware dalam, kita bisa menggunakan alat pembersih, seperti penggunaan cleaner khusus pembersih laptop.
2. Perhatikan kebersihan keyboard
Keyboard menjadi komponen yang sangat penting bagi laptop, karena memang keyboard digunakan sebagai alat input untuk mengoperasikan laptop. Tanpa adanya keyboard, kita tidak akan bisa mengoperasikannya.
Untuk merawat keyboard laptop, kita bisa menggunakan vacuum cleaner yang akan menyedot debu-debu atau kotoran-kotoran yang mengganjal keyboard sehingga mengganggu kinerja keyboard dalam menginput data.
3. Jangan mengoperasikan laptop selagi proses charging masih berjalan
Proses charging menjadi proses yang sangat penting. Karena sumber energi pada laptop adalah baterai. Dan dengan proses charging kita bisa mengisi kembali baterai laptop kesayangan kita untuk bisa kembali digunakan.
Maka dari itulah, cara merawat laptop selama proses pengisian daya yakni kita tidak boleh mengoperasikan laptop. Hal ini dapat memicu kerusakan pada baterai, yakni baterai error dan bocor, sehingga akan cepat habis dayanya.

Beberapa cara merawat laptop tersebut bisa dijadikan referensi untuk merawat laptop kesayangan. Sedikit kerusakan saja pada laptop akan berakibat fatal dan biaya perbaikannya pun tidak sedikit. Kita bisa menggunakan laptop lebih awet dan kegiatan menjadi lebih lancar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahyu.id © 2016. All Rights Reserved