Tips Membeli Tanah diJual
Bisnis

Tips Membeli Tanah diJual

Setiap orang pada akhirnya akan mendambakan memiliki sebentuk lahan untuk mereka tempati dan gunakan. Dengan jumlah tanah dijualyang selalu sama maka menjadikan harga tanah tiap tahun kian terkatrol. Harga tanah memang berbeda dengan skemasi harha kendaraan di mana tahun beli tanag tidak menentukan harga. Atau mungkin nomer sertifikat tanah dijual tidak pula mempengaruhi besaran harga pasaran.
Harga tanah memang sangat tergantung kepada pihak penjual. Harganya bisa relatif tinggi dibanding harga tanah sebelah sebelahnya bahkan bisa rendah. Tentu itu terserah sang empunya tanah dijual itu. Namun sebagai konsumen kita tentu bisa mengantisipasinya agar kita tetap bisa mendapatkan tanah atau lahan yang kita inginkan itu dengan harga wajar pasaran atau bahkan lebih rendah. Lantas langkah apa saja yang dapat kita upayakan guna memperoleh tanah dengan harga yang bagus dan pantas?
Hal pertama yang kita lakukan ialah melakukan survey kecil kecilan mengenai estimasi harga tanah di lingkungan yang kita sasar. Survey dapat dilakukan dengan bertanya kepada pemilik lahan sekitar. Namun hal ini terkadang tidak bisa kita tanyakan langsung begitu saja kepada pemilik lahan. Jika sang pemilik lahan di mana kita survey itu tidak kenal kita dengan dekat malah malah harga tanahnya akan dipermahal dari harga wajarnya.
Kita hendaknya meminjam orang lain untuk bertanya. Dalam artian kita bertanya melalui orang sekitar yang sekiranya memiliki kenalan yang luas dengan warga. Dengan tujuan kita mendapatkan harga estimasi yang wajar itulah kita melakukan survey pihak lain. Bisa juga kita bertanya kepada instansi desa atau lingkungan setingkat rt bahkan ke perangkat desa. Sebagai perangkat biasanya mereka mengerti mengenai harga pasaran tanah dijual di lingkungan mereka itu.
Upaya lain ialah proximity. Ini merupakan istilah pada dunia marketing dimana lazim disebut dengan faktor kedekatan. Semisal anda berasal dari daerah Semarang dan hendak membeli tanah dijual di daerah bandung. Maka coba gali informasi menegnai saudara sang pemilik lahan yang berasal dari Semarang. Atau bisa juga anda yang menyangkutkan anda dengan saudara atau tetangga yang berasal dari Bandung.
Faktor kedekatan inilah yang biasanya akan mencairkan komunikasi dan harapannya nantinya akan menekan harha jual. Untuk mendapatkan rumah yang idaman anda mampu memakai aplikasi Urbanindo atau situs urbanindo.com. Melalui Urbanindo, Anda dapat langsung mengetahui harga tanah dijual dan dapat membandingkan antara lahan satu dengan yang lainnya dari berbagai faktor.

Post Comment