Search

5 Cara Buat Rumah Ramah Orang Tua


Saat sedang membangun rumah, Anda harus bisa mempersiapkan dengan baik untuk segala sesuatunya. Termasuk juga menyiapkan keadaan rumah yang ramah terhadap orang tua. Meski Anda masih jauh untuk memasuki usia lanjut, tapi justru harus disiapkan dari sekarang juga. Bahkan, Anda harus mempersiapkannya dari awal sejak proses pembangunan rumah. Anda harus bisa membuat denah rumah yang tepat agar tidak menimbulkan masalah.

Tidak menutup kemungkinan juga jika orang tua atau mertua Anda akan tinggal bersama Anda nantinya karena faktor usia yang sudah lanjut. Dari pada harus sibuk-sibuk menyiapkan ketika mereka akan segera pindah dalam waktu dekat, lebih baik Anda persiapkan dari awal, bukan? Tak hanya berlaku pada orang tua, hal-hal ini juga berlaku jika Anda memilliki anak kecil di rumah. Di bawah ini ada beberapa tips yang merupakan kunci utama dari sebuah rumah yang ramah terhadap orang tua.

1. Akses Mudah
Berikanlah akses yang mudah di dalam rumah. Berikan jarak antara satu furnitur dengan furnitur yang lainnya agar orang tua dapat berjalan dengan mudah tanpa adanya banyak penghalang. Apalagi, jika orang tua Anda menggunakan kursi roda, tongkat, atau alat bantu untuk berjalan yang lain yang pastinya membutuhkan ruang kosong yang lebih lega di dalam rumah.

2. Karpet Lembut
Salah satu kasus yang paling sering terjadi dan dialami oleh orang tua adalah terjatuh di dalam rumah. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi lantai yang licin tanpa adanya objek lain di lantai. Karpet dapat membantu agar tidak mudah terjatuh di lantai karena permukaannya yang memiliki tekstur. Karena bahannya yang cukup tebal, ketika terjatuh juga akan minim terjadi cidera yang parah. Pilihlah juga karpet yang berbulu lembut dan halus supaya Anda merasa lebih nyaman di rumah.

3. Licin dan Basah
Lantai yang basah juga salah satu penyebab yang paling sering membuat kasus terjatuh di kamar mandi. Karena itu hindarilah dengan menggunakan karpet yang permukaannya cukup kasar dan memiliki teknologi anti-slip agar tidak mudah terjatuh atau terpeleset walau keadaan kamar mandi yang basah. Hindari juga dengan membuat kamar mandi yang terpisah antara area yang kering dan area yang basah.

Tak hanya di kamar mandi, di daerah dapur juga sering terjadi air yang tumpah di lantai. Karenanya, lebih peka untuk menyadari hal-hal tersebut sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Pencahayaan
Pastikan juga bahwa rumah Anda memiliki pencahayaan yang cukup terang. Terutama untuk tempat-tempat yang sering dikunjungi dan tidak mendapatkan cahaya yang cukup jika tidak menggunakan lampu seperti di kamar tidur, kamar mandi, dapur dan tangga. Permudah juga akses untuk menyalakan lampu dengan meletakkan saklar pada posisi yang tepat dan terjangkau. Bahkan, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan lampu dengan sensor yang secara otomatis akan menyala ketika ada orang di dalamnya. Hidup akan jauh lebih mudah karena tidak perlu repot-repot untuk menyalakan lampu lagi.

5. Sudut-Sudut
Furnitur yang memiliki sudut-sudut yang tajam juga nampaknya menjadi salah satu penyebab cidera pada orang tua. Karena itu lindungilah dengan memilih furnitur yang tidak memiliki sudut yang tajam seperti meja yang berbentuk lingkaran. Jika ingin menggunakan furnitur yang berbentuk persegi atau persegi panjang, pilihlah ujung-ujungnya yang tidak terlalu tajam karena sedikit melengkung. Untuk membuatnya lebih aman lagi, gunakan pelindung meja dengan bahan yang cukup lembut dan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahyu.id © 2016. All Rights Reserved