Search

Kenali Tanda-tanda Persalinan Sudah Dekat pada Wanita Hamil Anak Kembar


Memiliki anak kembar memang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Mendapat dua anak lucu dalam satu kali persalinan tak hanya membuat rumah makin ramai, tapi juga tantangan untuk dapat membesarkan dua (atau lebih) bayi sekaligus. Entah hamil pertama atau kedua, perasaan bahagia sekaligus waswas pasti menghantui setiap ibu hamil. Perasaan ini dapat dinetralisir dengan pemahaman terhadap tanda-tanda persalinannya.

Untuk Anda yang pertama kali mengandung bayi kembar, perlu mengetahui tanda-tanda menjelang persalinan karena akan sedikit berbeda dengan hamil anak tunggal. Selain intuisi, terkecuali Anda telah mengetahui adanya dua janin dalam kandungan Anda, tanda-tanda persalinan sudah dekat pada kehamilan kembar dapat diketahui dari kondisi berikut.

1. Morning Sickness Parah
Kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) pada air kemih akan meningkat sehingga menyebabkan Anda mengalami morning sickness (atau all day sickness) lebih parah. Peningkatan konsentrasi hCG ini terjadi selama minggu pertama lalu berlipat kali di hari berikutnya.

Hormon hCG diperlukan untuk menjaga kehamilan sampai plasenta berkembang ini dapat dideteksi dari darah atau urine (melalui test pack) bahkan sebelum menstruasi Anda berhenti.

2. Gejala-gejala Kehamilan Lebih Kentara
Sebagian besar wanita dengan kehamilan kembar memiliki gejala kehamilan yang lebih intens karena hormon ekstra yang bersirkulasi dalam tubuh. Ukuran payudara menjadi lebih besar (bengkak), lebih sering buang air kecil, lapar sepanjang waktu, dan cepat lelah.

Pada trimester kedua, Anda juga mengalami kesulitan bernafas, kaki dan tangan membengkak (edema), penambahan berat badan dan pembesaran rahim yang tidak normal, serta gerakan janin yang kuat. Masalah anemia atau kekurangan zat besi karena penurunan hemoglobin juga biasa terjadi pada kehamilan kembar.

3. Pertambahan Berat Badan Meningkat Cepat
Kondisi ini bisa dijadikan petunjuk utama dan pertama bahwa Anda hamil kembar. Peningkatan berat badan secara drastis ini biasanya terjadi pada trimester pertama. Sebuah studi terbitan American Journal of Obstetrics and Gynecology menekankan pentingnya penambahan berat badan di masa awal kehamilan kembar, terutama pada dua trimester pertama terbukti berpengaruh penting terhadap berat bayi lahir.

4. Ukuran Rahim Lebih Besar
Jika periode menstruasi Anda yang terakhir mengindikasikan kehamilan 8 minggu, rahim Anda mungkin terasa seperti sudah 10-14 minggu. Hal ini tentu harus dibuktikan dengan pemeriksaan USG. Rahim dengan janin tunggal mungkin akan hanya 38-40 cm tingginya saat diukur dari tulang pubik, sedangkan kehamilan kembar bisa mencapai 48 cm.

5. Kadar AFP (Alpha Fetoprotein) Meningkat
Protein yang dilepaskan oleh bayi ketika ia tumbuh dan ditemukan dalam darah ibu ini dapat meningkat ketika ada lebih dari satu janin dalam kandungan. Dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan tes darah secara sederhana pada 16-18 minggu sejak menstruasi terakhir Anda. Pemeriksaan alpha fetoprotein cukup akurat mendeteksi lebih dari separuh kehamilan kembar.

6. Terdapat Dua Detak Jantung
Meski detak jantung juga terdeteksi pada wanita hamil tunggal, dua detak jantung yang terpisah pada wanita hamil kembar dapat dibuktikan sampai usia kehamilan 12 minggu. Lalu pada usia 28 minggu, dua kepala janin akan lebih terlihat berikut beberapa bagian kecil lainnya dari tubuh bayi ketika melakukan pemeriksaan USG.

7. Hasil Positif pada Pemeriksaan USG
Jika intuisi Anda mengatakan bahwa Anda sedang hamil bayi kembar, Anda dapat melakukan USG sejak awal kehamilan. Dokter ahli USG mampu memaparkan adanya dua embrio dan dua detak jantung janin yang kuat. Dua tanda ini bahkan dapat dilihat pada 6 minggu sejak hari pertama menstruasi terakhir Anda. Banyak pula janin kembar yang sudah dapat didiagnosa sejak usia 5 minggu, ketika Anda baru terlambat menstruasi satu minggu.

Kesimpulan dari tanda-tanda persalinan bayi kembar di atas menunjukkan bahwa tanda-tanda persalinan hamil kembar dengan hamil tunggal tidak jauh berbeda, hanya saja tanda-tanda yang dialami hamil kembar intensitasnya lebih tinggi daripada hamil tunggal. Informasi mengenai tanda-tanda persalinan sudah dekat lainnya dapat Anda cari tahu di laman Parenting Club, parentingclub.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahyu.id © 2016. All Rights Reserved