Search

7 Langkah Mudah Menulis Cernak dalam Waktu 7 Hari


Menjadi penulis cerita anak (cernak) merupakan tantangan tersendiri bagi seorang penulis. Terutama yang memiliki adik usia SD atau para orang tua yang telah memiliki anak. Mengapa disebut tantangan? Karena menulis cernak memerlukan kehati-hatian agar tidak mengarah pada kekerasan, seks, dan dampak negatif lainnya. Karena bagaimanapun, sebagian penikmatnya adalah anak-anak, yang kemungkinan besarnya berasal dari keluarga sendiri.

Kekhawatiran-kekhawatiran tersebut sebenarnya dapat diminimalisir jika penulis meniatkan diri membuat tulisan untuk kebaikan. Siapapun pembacanya, baik itu anak sendiri maupun masyarakat luas, akan merasakan manfaat dari cernak yang dibuat. Jika Anda mulai berminat untuk belajar menjadi penulis cernak dalam waktu singkat, ada baiknya menerapkan 7 langkah mudah menulis cernak ini yang bisa ditempuh hanya 7 hari ini.

Hari ke-1: Membuat Persiapan
Persiapan paling awal yang harus Anda lakukan adalah perbanyak membaca. Seperti yang kita tahu, kegiatan menulis tidak pernah bisa dipisahkan dari kegiatan membaca. Mencari referensi dengan banyak membaca kumpulan cernak akan menambah inspirasi dalam proses pembuatannya.

Jika masih terasa sulit, Anda dapat mengambil contoh dari kejadian atau peristiwa tak terlupakan yang pernah Anda alami semasa kecil. Selain itu, kejadian yang dialami anak, saudara, atau tetangga yang semuanya melibatkan anak kecil sebagai tokoh utamanya dapat Anda jadikan cernak.

Hari ke-2 hingga hari ke-4: Menulis (Langsung 2-5 Halaman)
Jumlah halaman cernak di beberapa majalah atau koran biasanya tidak memerlukan halaman panjang. Seperti majalah Bobo dan koran nasional yang terbit tiap akhir pekan, hanya memerlukan 2-3 halaman saja.

Meski sedikit, Anda tidak boleh serta-merta meremehkannya. Anda perlu menguatkan karakter, konflik yang masuk akal, setting, dan yang terpenting adalah pesan moral yang ingin disampaikan. Selain itu, usahakan hanya membuat 1-2 setting saja. Lakukan hal ini di hari ke-2 sampai dengan hari ke-4.

Hari ke-5: Endapkan Tulisan
Cara ke-5 ini sudah banyak sekali diterapkan oleh penulis baik penulis cernak, cerpen, penulis pemula atau yang sudah pro. Istirahatkan pikiran Anda dengan hiburan seperti jalan-jalan. Endapkan lalu lupakan sejenak cernak yang sudah Anda buat.

Habiskan waktu di hari ke-6 ini dengan memanjakan sekaligus mengapresiasi diri karena berhasil membuat cernak sesuai niat awal Anda. Bisa dengan mengajak dan mentraktir anak yang dijadikan tokoh utama dalam cernak Anda, sekadar membawanya jalan-jalan di alun-alun, atau lainnya.

Hari ke-6: Edit
Isi hari ke-6 ini dengan membuka kembali cernak yang sudah Anda buat. Baca kembali dengan teliti, rapikan ejaan dan pengetikan kata yang masih salah (typo), lengkapi unsur SPOK dalam premis (kalimat), serta konsistensi antarparagrafnya. Jika ingin membuang, menambah adegan, serta menyelaraskan bagian dengan alur yang Anda anggap aneh, lakukan tanpa mengurangi pesan moral yang ingin disampaikan.

Hari ke-7: Kirim
Kirim cernak melalui pos-el jika redaksi menginginkan pengiriman dengan cara itu. Kemudian tunggu konfirmasi penerimaan naskah (biasanya 1 hari). Jika konfirmasi pemuatan masih lama, jangan hanya diam menunggu. Buat lagi banyak cerpen, lalu kirim, buat, kirim, buat, kirim. Begitu seterusnya, dijamin ada yang ‘nyantol’. Entah itu karena redaksi yang merasa kasihan atau tulisan Anda yang semakin bagus. ^_^

Penulis cernak muda kini banyak bermunculan karena ide-ide segar lebih mudah didapat dari mereka yang seusia tokoh dalam cernak yang dibuat. Isi cernak yang mereka buat cenderung berasal dari refleksi kehidupan nyata. Mereka menulis kejadian yang mereka atau teman mereka alami lalu mengemasnya dalam bentuk cernak. Penerbit mayor, koran, maupun majalah anak pun mulai terbuka menerima cernak dari mereka.

Meskipun kesempatan Anda mulai berkurang karena penulis cernak semakin banyak, Anda tidak boleh menyerah, putus asa, dan rendah diri. Niat yang baik didukung keinginan yang kuat dan referensi yang memadai tidak akan menghalangi Anda untuk dapat menulis cernak yang bagus, berkualitas, serta pesan moral yang mengena di hati pembaca. Jadi, selamat mencoba membuat cernak dan berbangga diri di 7 hari selanjutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahyu.id © 2016. All Rights Reserved