Search

Hindari 7 Kesalahan Umum Blogging Agar Blog Berkualitas Setiap Saat


Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan lewat jaringan internet, terlebih jika koneksi internet lancar tanpa hambatan. Blogging adalah salah satu kegiatan dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan via internet. Sebagai seorang blogger, tentunya Anda senang apabila punya banyak pengunjung blog. Orang akan tertarik mengunjungi blog jika dinilai berkualitas. Untuk itu, hindarilah 7 kesalahan umum blogging ini.

1. Terlalu Sibuk dengan Tampilan Blog
Blog dengan tampilan menarik memang perlu diperhatikan karena menunjang kualitas. Jumlah pengunjung juga dipengaruhi oleh tampilan blog. Meskipun tampilan berperan penting, namun janganlah Anda melalaikan konten yang dimuat sebagai poin utama dalam sebuah blog. Usahakan tetap menyajikan konten berupa artikel, gambar, video, dan sebagainya, yang berkualitas.

Sangat mengutamakan latar blog atau hiasan dengan animasi menarik adalah suatu kesalahan yang umum dilakukan oleh blogger. Tindakan yang salah tersebut bisa berakibat kurang baik bagi aktivitas blogging. Sebaiknya, usahakan untuk menghindari kesalahan tersebut dengan cara menyeimbangkan pengelolaan antara isi dengan tampilan blog.

2. Mengutamakan Kuantitas Dibandingkan Kualitas
Mindset para blogger bahwa memperbanyak konten akan menarik banyak pengunjung blog adalah hal yang tidak benar. Hal tersebut merupakan pola pikir yang salah, di mana menimbulkan kebiasaan yang salah. Hindari kesalahan tersebut dengan mengutamakan kualitas dari setiap konten. Posting konten yang bermanfaat secara rutin, sehingga setara antara kualitas dan kuantitas.

3. Terobsesi dengan Data Statistik Blog
Pasti banyak di antara blogger yang menginginkan peningkatan jumlah pengunjung dalam waktu singkat, terutama para pemula. Banyak dari mereka yang terobsesi dengan data statistik blog. Hal ini merupakan suatu kesalahan yang harus dihindari. Memikirkan banyak pengunjung akan melemahkan fokus untuk pengelolaan blog, sehingga tidak meningkatkan kualitasnya. Padahal, kualitas adalah kunci meningkatkan pengunjung.

4. Inkonsisten
Segala sesuatu membutuhkan tindakan yang konsisten untuk memperolehnya secara optimal. Konsistensi juga dibutuhkan dalam kegiatan blogging. Sebagai contoh, Anda harus memuat konten dan mengubah latar blog secara berkala. Hal tersebut membutuhkan konsistensi, bahkan perlu menjadikan konsistensi sebagai prinsipnya. Inkonsistensi merupakan kesalahan umum yang merugikandan harus dihindari.

5. Membahas Topik Terlalu Banyak
Topik yang terlalu banyak dibahas dalam suatu blog bisa memecah konsentrasi Anda. Memuat beragam topik adalah sesuatu yang baik, namun melelahkan untuk menjaga setiap topik agar selalu optimal. Anda dituntut untuk menguasai topik pembahasan dari setiap tema, memberikan tema yang fresh, serta menyesuaikan dengan tampilan blog. Membahas terlalu banyak topik adalah suatu kesalahan yang harus dihindari.

6. Tidak Menguasai Topik Bahasan
Tidak menguasai topik bahasan adalah kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan. Kesalahan ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, termasuk karena membahas terlalu banyak topik dalam satu blog. Konten menjadi tidak berkualitas karena kurangnya pemahaman dari pembuat blog. Hal ini merupakan tindakan salah yang justru bisa mengurangi jumlah pengunjung blog.

7. Mengelola Blog Terlampau Banyak
Anda punya berapa blog? satu, dua, atau bahkan lebih? Bagi seorang blogger, kehidupan nyamannya ada dalam sebuah blog. Oleh karena itu, tak jarang mereka punya beberapa blog yang dikelola seorang diri. Setiap blog tersebut bisa diisi dengan segmen atau tema yang berbeda. Akan tetapi, tidak selamanya pengelolaan terhadap blog akan prima apabila lebih dari dua blog yang dikelola.

Untuk itu, mempunyai blog yang terlalu banyak bisa membahayakan kualitas konten yang dimuat. Konsistensi untuk memuat konten baru secara berkala di masing-masing blog juga berkurang. Keseimbangan pengelolaan juga sulit tercapai. Karena pentingnya kualitas isi dan tampilan blog, segera kurangi jumlah blog Anda. Usahakan kelola satu atau dua blog saja dengan optimal untuk kegiatan blogging yang baik.

Ternyata, dalam melakukan kegiatan blogging juga harus berhati-hati. Jika tidak, kredibilitas blog bisa dipertanyakan dan dinilai tidak berkualitas oleh pengunjung. Anda perlu menghindari kesalahan umum blogging tersebut. Saat blogging, usahakan untuk posting hal-hal menarik dengan konten dan tema berkualitas disertai tampilan yang menarik. Jangan lupa untuk memberikan tema yang fresh secara berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahyu.id © 2016. All Rights Reserved