Search

Tingkatkan Traffic Blog dengan Teknik Skyscraper dalam Waktu 14 Hari


Di dunia blogging, sudah teramat banyak orang yang bilang bahwa konten yang bagus adalah segalanya. Mungkin betul. Tetapi itu baru salah satu sisi. Masih banyak sisi lain yang perlu diketahui secara mendalam. Salah satu teknik white hat SEO yang terkenal bernama teknik skyscraper. Seperti namanya, teknik ini menerapkan cara kerja SEO mirip dengan gedung pencakar langit yang ada di dunia ini.

Bedanya gedung biasa dengan gedung pencakar langit apa? Anda bisa membandingkan sendiri antara Burj Khalifa (Uni Emirat Arab) dengan gedung-gedung di sekitarnya. Mana yang lebih mencolok? Tentu saja Burj Khalifa. Gedung ini mudah dilihat orang, sehingga menarik banyak perhatian visitor. Begitu pun dengan teknik white hat SEO ini. Secara umum, teknik ini dibagi menjadi tiga proses.

1. Bangun Link Natural yang Berkualitas
Namanya juga natural, kan? Berarti tidak dibuat-buat dengan blog zombie maupun PBN. Salah satu cara terbaik mendapat backlink natural nanti akan disampaikan pada poin kedua. Tetapi, Anda perlu tahu dulu apa dan bagaimana efek dari link natural yang dibangun. Supaya nantinya tidak tersesat dan mengikuti cara-cara SEO yang cenderung black hat.

Sekarang Google memakai algoritma hummingbird. Algoritma ini bisa mendeteksi manipulasi link building. Mungkin Anda bisa dengan mudah menanamkan backlink di komentar blog, guest blog, social bookmarking, atau bikin blog zombie untuk link building. Cara ini memang bisa membuat tulisan Anda mudah tampil di halaman pertama Google. Tapi?

Ketenaran itu hanya berjalan dengan dalam waktu singkat. Segera, setelah Google berhasil meng-crawl lintasan (link) yang dibuat, artikel bahkan blog Anda akan kena pinalti. Secara singkat pula, posisi tulisan Anda akan terlempar jauh dari halaman utama. Di sinilah pentingnya membangun backlink natural sebagai cara ampuh untuk meningkatkan traffic organik.

Tidak perlu banyak-banyak? Betul. Sedikit saja sudah cukup. Berbahagialah kalau yang memberi backlink natural itu adalah blog yang di mata Google punya reputasi bagus. Dengan konten istimewa yang Anda punya, kata kunci dengan persaingan ketat pun jadi terasa enteng ditaklukkan. Ini sudah dibuktikan oleh banyak blogger profesional.

2. Bikin Konten yang Istimewa
Konten bagus saja tidak cukup. Untuk mendapat peringkat terbaik di Google, konten blog harus istimewa. Sebab, di halaman pertama biasanya sudah diisi oleh konten-konten yang bagus. Tugas Anda tinggal bagaimana menyajikan artikel selengkap mungkin. Mungkin butuh waktu lama, tetapi dampaknya lebih memungkinkan untuk tahan lama.

Masih saja ada yang berpendapat kalau konten berkualitas itu sama dengan konten yang panjang. Katakanlah, panjangnya harus 1000 kata. Itu tidak sepenuhnya betul. Walaupun seringnya konten istimewa itu memang panjang-panjang. Yang jauh lebih penting itu sebuah konten harus memiliki nilai yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung. Berapa pun jumlah katanya.

Ini yang penting. Sebuah konten yang istimewa selalu punya sisi keunikan, kelengkapan, dan kedalaman bahasan topik. Misalkan peringkat pertama Google topiknya berkualitas, backlink natural cukup banyak, tetapi dipecah jadi beberapa bagian. Peringkat nomor 2 punya baclink banyak, kurang unik, dan kurang dalam pembahasan topiknya.

Anda juga bebas memilih untuk memilih antara bikin konten abadi atau konten temporer. Konten abadi biasanya memiliki jumlah visitor yang stabil. Ciri konten ini adalah bisa tetap asyik dinikmati tak berbatas waktu. Sementara konten temporer yang identik dengan berita viral memang cukup bisa membuat ledakan pengunjung.

Tapi begitu artikel temporer sudah kedaluwarsa, tidak ada yang mau baca lagi. Lantas, mana yang terbaik untuk keduanya? Sebaiknya lengkapi blog Anda dengan keduanya. Tapi sebisa mungkin isi dengan konten abadi, kecuali Anda sanggup melawan media-media besar yang punya banyak jurnalis.

Setiap ingin bersaing untuk sebuah kata kunci, analisa dulu seberapa kemampuan kompetitor artikel Anda. Setelah itu, kombinasikan antara artikel unik, lengkap, dan dalam. Kemas dalam bentuk sesederhana mungkin. Anda bisa memakai toolbar freemium (tersedia free dan premium) seperti Mozbar maupun SEOquake.

3. Promosikan ke Lingkaran yang Tepat
Langkah terakhir ini yang cukup melelahkan. Harap kalau ingin mendapat backlink natural yang cepat, lakukan secara tim. Kalau dilakukan secara individu bisa memakan waktu lama. Bagaimana cara yang bagus untuk mempromosikan artikel? Anda bisa memakai cara gratis maupun cara berbayar. Lebih bagus lagi kalau kombinasikan keduanya.

Cara gratisnya Anda bisa dengan mempromosikan artikel blog lewat situs tanya-jawab. Bisa pula lewat media sosial yang punya peringkat tinggi di mesin pencari, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Slideshare, Reddit, Quora, dan lainnya. Promosi tidak hanya sekali. Tetapi harus berkali-kali sampai target artikel Anda mendapat peringkat pertama tercapai.

Namun pastikan Anda pakai cara yang wajar. Google sangat pintar. Dia tidak mudah dikelabuhi. Adapun kalau Anda ingin mendapat hasil singkat dan aman, bisa dengan cara berbayar. Misalkan dengan meng-hire content writer untuk membangun backlink natural yang berkualitas. Kurang lebih cuma 2 mingguan, Anda sudah bisa menikmati hasilnya.

Bagaimana cara terbaiknya untuk link building? Kombinasikan kedua cara itu. Baik cara berbayar dan cara gratis memiliki keunikan dan kemampuan masing-masing. Pastikan Anda promosi ke lingkaran yang tepat. Apabila isi konten Anda bicara seputar relationship, promosikan ke komunitas maupun grup yang khusus membahas seputar hubungan.

Sebagai tambahan, Google sangat suka dengan blog yang sering meng-update artikelnya. Tidak harus sehari menulis banyak artikel. Anda bisa memulainya dengan membuat jadwal terbit artikel secara konsisten. Misalkan Anda hanya mem-posting artikel setiap hari Rabu. Cara ini bisa membuat pengunjung setia blog Anda selalu bertanya-tanya apa topik yang akan dibahas kemudian.

Teknik skyscraper ini baru bisa Anda rasakan dampaknya setelah melewati cara-cara di atas. Kok rasanya susah, ya? Mungkin Anda akan bertanya begitu. Memang, dalam hidup ini ada dua cara untuk mendapat makanan enak. Pertama, dengan cara mencuri. Kedua, dengan cara membelinya atau diberi. Sementara untuk membeli kue lezat, Anda perlu uang. Untuk mendapat uang, Anda butuh kerja keras, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahyu.id © 2016. All Rights Reserved