Travelling

Air Terjun Ngleyangan dan Bukit Ongakan, Dua Surga Alam Tersembunyi di Kota Kediri

Kota Kediri memiliki berbagai jenis potensi wisata yang mampu menarik banyak perhatian para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Di samping objek-objek wisata populer yang kini banyak dikunjungi, kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang ini juga menyimpan ragam destinasi wisata – terutama wisata alam – yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui.

(sumber : viva.co.id)

Objek wisata di Kota Kediri yang belum banyak diketahui tersebut bukan berarti tidak memiliki keunikan atau keistimewaan, melainkan karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota. Hal ini membuat wisatawan yang ingin berkunjung perlu melalui jalur sulit dan menantang. Di bawah ini adalah dua lokasi objek wisata di Kediri yang masih belum banyak dikunjungi tetapi menyimpan pesona alam surgawi yang tersembunyi.

Air Terjun Ngleyangan

Air terjun ini menyimpan keindahan alam dan kesegaran mata air Gunung Wilis yang bisa membuat Anda lupa sejenak dari rutinitas sehari-hari. Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih terasa sejuk dan asri dan bermain air di bawah aliran air terjun bersama keluarga atau teman perjalanan.

Lokasi Air Terjun Ngelayangan berjarak 20 km dari Kabupaten Kediri. Untuk sampai ke titik wisata air terjun, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Namun, setelah sampai di Dusun Goliman tempat air terjun ini berada, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 4 km mengikuti jalur pipa air di kawasan perbukitan Gunung Wilis.

Perjalanan menuju lokasi air terjun terbilang cukup melelahkan. Oleh karena itu, stamina yang baik harus dipersiapkan agar perjalanan Anda semakin menyenangkan. Siapkan pula kamera atau ponsel yang baterainya terisi penuh karena begitu sampai di lokasi wisata, Anda pasti akan tergugah untuk berfoto di tengah panorama alam menakjubkan atau mengabadikan keindahan Air Terjun Ngelayangan yang penuh pesona.

Bukit Kura-kura Ongakan

Objek wisata ini baru diketahui pada awal tahun 2014 ketika Gunung Kelud di Kediri mengalami erupsi. Dulunya, Bukit Kura-kura Ongakan atau Ongak’an digunakan sebagai lokasi observasi untuk memperhatikan aktivitas gunung dari waktu ke waktu. Setelah erupsi terjadi, lokasi observasi ini kemudian dibuka sebagai objek wisata bagi kalangan umum.

Bukit Kura-kura Ongakan yang memiliki ketinggian 800 mdpl menawarkan keindahan alam yang memesona, terutama ketika Anda sampai di bagian puncaknya. Untuk mencapai lokasi wisata, Anda harus mengikuti jalur menuju Desa Besowo yang jaraknya mencapai 37 km dari pusat pemerintahan Kediri.

Ketika sampai di perhentian kendaraan, Anda masih harus menempuh jalur berhiaskan pohon-pohon pinus dengan berjalan kaki sejauh 100 meter. Meski demikian, lokasi yang jauh dan perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayar begitu Anda sampai di puncak bukit untuk menikmati keindahan alam dengan latar belakang Gunung Kelud dan Selorejo,

Objek-objek wisata di atas memang masih tersembunyi dan lokasinya relatif sulit ditemukan oleh wisatawan yang datang ke Kota Kediri. Namun, tidak demikian halnya dengan akomodasi yang disediakan oleh jaringan hotel terluas di tanah air, Airy Rooms. Karena berafiliasi dengan banyak partner hotel di seluruh Indonesia, penginapan yang tergabung dalam jaringan ini sangat mudah ditemukan dan bisa dijadikan sebagai pilihan akomodasi Anda saat berwisata.

Anda yang ingin mencari hotel murah di Kediri bisa menggunakan aplikasi ponsel pintar untuk memesan kamar yang diinginkan, lalu membayarnya melalui transfer antar-bank atau layanan kartu kredit. Kamar hotel bersih dan nyaman, fasilitas lengkap dan modern, serta layanan WiFi gratis pun siap menjadi tempat melepas lelah saat Anda menjelajahi Kota Kediri.

Post Comment