Ingin Kuliah? Inilah Tips Melanjutkan Kuliah S1 yang Harus Kamu Perhatikan
Pendidikan Tips

Ingin Kuliah? Inilah Tips Melanjutkan Kuliah S1 yang Harus Kamu Perhatikan

 

Kamu kuliah dimana? Ambil jurusan apa?

Pertanyaan di atas sangat klise tapi nyatanya masih menjadi pertanyaan yang menjamur dalam keseharian. Terutama bagi kamu yang saat ini tengah duduk di kelas 3 SMA, MA maupun SMK. Ujian Nasional sebentar lagi dilakukan, setelah itu kamu harus melanjutkan kuliah S1. Jadi wajar saja kalau banyak orang yang mencerca kamu dengan pertanyaan seputar rencana kuliah.

Membosankan memang jika setiap hari harus mendengar pertanyaan yang itu-itu saja. Apalagi memilih kampus dan jurusan juga tidak mudah. Tapi jika paham apa minat dan bakat kamu, ini tidak akan sesulit yang dibayangkan. Kamu bisa saja memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Ya, tapi bagaimanapun juga menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Apalagi kuliah ini adalah sebagai persiapan kamu menghadapi masa depan nantinya. Belum lagi biaya kuliah tidaklah murah, jadi adalah keharusan memilih jurusan yang tepat agar potensi kamu benar-benar bisa dioptimalkan.

Apa saja tips melanjutkan S1 yang harus diperhatikan agar kuliah S1 ini benar-benar bermanfaat untuk kehidupan personal dan sosial kamu? Berikut ulasannya.

Tentukan bidang yang diminati

Menjalani sesuatu yang disukai jauh lebih menyenangkan daripada kamu harus memilih sesuatu yang tidak disukai. Begitu juga perihal jurusan kuliah ini, kamu harus kembali bertanya pada diri sendiri, bidang atau jurusan apa yang disukai?

Harus selalu diingat bahwa setidaknya kamu membutuhkan waktu 3 sampai 4 tahun untuk menyelesaikan studi strata 1 ini. Akan bisa menikmati jika kamu memilih jurusan yang sesuai bakat dan minat. Tapi sebaliknya, perkuliahan sangat berat dilakukan apabila kamu salah memilih jurusan.

Untuk itu pastikan kamu memilih jurusan yang diminati agar lebih bersemangat menyelesaikan S1 nanti.

Apa cita-cita kamu?

Memiliki cita-cita bisa menjadi salah satu patokan kamu dalam memilih jurusan kuliah. Jika ingin jadi ahli komputer misalnya, kamu bisa memilih jurusan Teknik Informatika. Begitu pula apabila kamu bercita-cita menjadi seorang Psikolog, memilih jurusan Psikologi bisa menjadi pilihannya.

Biaya kuliah

Selain memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan, kamu juga harus mempertimbangkan mengenai biaya kuliah. Mengingat biaya kuliah tidak bisa dibilang murah, maka poin ini juga patut menjadi perhatian.

Sebelum memutuskan kuliah di suatu Universitas, pastikan kamu juga sudah mencari informasi terkait biaya kuliah yang harus disiapkan. Menyesuaikan kemampuan ekonomi dengan biaya kuliah yang harus dibayar penting untuk dilakukan.

Namun kalaupun biaya kuliah tersebut lebih tinggi dibandingkan kondisi finansial kamu, tidak perlu cemas atau menyerah karena kamu bisa mengandalkan beasiswa. Umumnya setiap Universitas menawarkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, jadi pastikan kamu juga rajin belajar ya.

Komitmen

Berbicara tentang tips melanjutkan S1 sebenarnya tidaklah muluk-muluk. Dari sekian tips yang harus diperhatikan, poin ini adalah yang paling mempengaruhi proses belajar kamu di kampus. Ya, kamu harus benar-benar komitmen dengan apa yang dipilih dan dijalani.

Kamu memutuskan untuk melanjutkan S1, memilih jurusan, dan membayar biaya kuliah. Kesemuanya membutuhkan waktu, tenaga dan pengorbanan. Untuk itu kamu juga harus disiplin dan tekun dalam belajar agar kelak kamu bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi. Ini adalah jalan menuju cemerlangnya masa depan kamu. Lebih dari, orang tua pun akan bangga jika kamu tumbuh menjadi manusia yang berintelek.

Demikianlah beberapa tips melanjutkan S1 dari Mas Itik yang perlu diperhatikan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Post Comment