6 Tips Paling Ampuh Agar Anda Terhindar dari Kejahatan Online
technology

6 Tips Paling Ampuh Agar Anda Terhindar dari Kejahatan Online

Kemajuan teknologi yang pesat ternyata bukan hanya membawa manfaat melainkan juga menimbulkan berbagai kejahatan. Kejatahan-kejahatan online seperti pencurian informasi sampai dengan penipuan semakin marak terjadi. Fakta ini yang membuat sebagian besar pengguna media sosial atau layanan online lainnya menjadi cemas. Untungnya, kejahatan online alias cyber crime ini bisa diminimalisir dengan menerapkan sejumlah tips berikut ini.
cara agar terhindar dari kejahatan online
Sumber Foto : Kompasiana
1. Gunakan Password yang Kompleks
Jika Anda masuk di sebuah jejaring sosial, maka biasanya Anda harus sign in terlebih dahulu. Pada bagian password, Anda pasti sering menemui tingkat kesulitan password. Nah, alangkah baiknya, gunakanlah password dengan tingkat kesulitan tertinggi agar tidak mudah dibobol.
2. Jangan Gunakan Username dan Password yang Sama
Sering lupa akan username dan password kadang membuat sebagian orang memilih untuk menggunakan username dan password yang sama pada semua media sosial dan website. Hal ini ternyata tidaklah efektif. Sebaiknya Anda menerapkan password yang berbeda-beda dan kalau perlu ubah password secara berkala.
3. Gunakan Gadget Pribadi untuk Online
Jangan suka meminjam gadget milik orang lain apalagi komputer masal seperti di warnet untuk mengakses hal-hal yang bersifat pribadi seperti online shopping, medsos dan online banking.
4. Waspada Phishing Alert
Sederhananya, modus kejahatan ini umum diterapkan dengan cara mengirimkan email atau menghubungi Anda atas nama sebuah organisasi yang meminta Anda untuk memasukkan data diri secara lengkap pada sebuah link. Jangan mau langsung melakukannya tanpa observasi.
5. Belanja Online pada Online Shop Terpercaya
Sudah banyak sekali kasus penipuan berkedok online shop yang terjadi. Untuk mengatasinya, Anda harusnya lebih jeli lagi dalam memilih tempat belanja online. Pilih yang trusted.
6. Jangan Sembarang Approve Friends Request
Punya teman yang banyak di media sosial tidak selalu membawa dampak positif tetapi juga banyak berdampak negatif. So, pastikan Anda berteman dengan orang yang memang Anda kenal di dunia nyata.
Demikian ulasan singkat mengenai cara agar terhindar dari kejahatan online yang marak terjadi. Be smart and be safe!

Post Comment