5 Bukti TunaiKita selalu Aman dan Menjaga Rahasia Data Peminjam
Bisnis

5 Bukti TunaiKita selalu Aman dan Menjaga Rahasia Data Peminjam

 

Dalam dunia pinjam-meminjam, keamanan data peminjam selalu menjadi bahasan utama. Soalnya menyangkut kepercayaan peminjam maupun reputasi pemberi pinjaman tersebut. Selama TunaiKita mengudara, belum ada satu pun yang mengeluh gara-gara data akun pribadinya bocor dan sebagainya. Kenapa bisa begitu? Ini alasannya.

1. TunaiKita Meminta Izin untuk Mengakses HP Anda

Ketika Anda memberikan nomor HP dalam pengajuan pinjaman, sama halnya dengan memberi akses ke HP Anda. Namun sifatnya sama sekali tidak berbahaya kok. Soalnya cuma satu tujuannya, yakni agar memudahkan kedua belah pihak untuk saling menjaga komunikasi. Hanya dengan satu genggaman (HP), bisa memantau transaksi dan notifikasi.

Dengan memberikan nomor HP Anda, pihak perusahaan jadi lebih percaya. Proses persetujuan pinjaman juga bisa lebih cepat. Soalnya, status nomor HP sekarang sudah terverifikasi oleh pemerintah juga. Ingat saat melakukan pendaftaran kartu perdana? Kan disuruh mencantumkan NIK KTP. Nah, itu yang jadi salah satu pegangan TunaiKita juga.

2. Data yang Diambil TunaiKita dari HP Anda

Data yang diambil oleh TunaiKita bersifat sukarela. Artinya, jika Anda memang ingin meminjam, maka penuhi syarat-syaratnya. Kalau tidak mau, tidak perlu memikirkan syaratnya. Salah satunya dengan memberikan informasi identitas pribadi. Kemudian pihak fintech meminta foto KTP maupun foto diri Anda.

Nah, foto yang diambil kan biasanya berasal dari galeri. Itu yang dimaksud mengambil data dari HP Anda. Sedangkan Anda tetap menjadi yang berwenang atas foto-foto tersebut. Jadi, foto yang diberikan itu sudah melalui seleksi dari Anda sendiri. Kemudian, lending robot juga meminta data berupa alamat email serta data lokasi kalau perlu.

3. Selain Foto, Data Apalagi?

Dengan memberikan data dari HP, berarti Anda memasrahkan keamanannya ke pihak TunaiKita. Beruntung, perusahaan tersebut selalu menjaga kerahasiaan data-data dari para peminjamnya. Nah, setelah tadi data yang diambil itu soal foto, adakah data lain yang diambil? Yup. Tentu ada. Namun seringkali tidak disadari dan dianggap biasa-biasa saja.

Pada waktu pengisian formulir sebelum diajukan, lending robot akan meminta akses ke media sosial Anda. Jadi, Anda bisa masuk lewat media sosial tersebut maupun lewat email. Selain itu, ada lagi yang diambil, yakni akun online travel, dan akun informasi e-commerce. Sedangkan dokumen tambahannya berupa slip gaji, SIM, dan hal lain yang diperlukan.

4. Fungsi Pengambilan Data dari HP oleh TunaiKita

Mungkin sebagian dari Anda akan bertanya-tanya, “Data-data yang diambil itu untuk apa sih?” Dengan kata lain, “Apa yang akan dilakukan oleh TunaiKita terhadap data-data itu?” Berdasarkan peraturan dari OJK, data akan disimpan di server Indonesia. Proses pengumpulannya bersifat anonim.

Hasilnya sangat aman dan tidak bisa diakses oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Termasuk orang yang bekerja di perusahaan sekalipun. Data pribadi milik Anda hanya digunakan untuk menganalisis aplikasi pinjaman serta untuk meninjau skor kredit milik Anda. Data-data tersebut juga akan diserahkan ke OJK agar lebih aman.

5. TunaiKita Tidak Membagikan Data Anda ke Pihak Ketiga

Urusan pinjam-meminjam, hanya berlaku untuk pihak pertama (perusahaan) dan pihak kedua (peminjam). Selama ini, perusahaan selalu menjaga kepercayaan para peminjam tanpa pandang bulu. Pantang memperjualbelikan data milik Anda ke pihak ketiga. Soalnya kalau dilakukan, sama saja dengan bunuh diri yang bisa berbuntut panjang.

Dengan melihat hal-hal di atas, maka terbukti, bahwa TunaiKita 100% aman dan rahasia. Setiap informasi yang ada pada perusahaan dan berkaitan dengan proses peminjaman, selalu ditampilkan secara transparan. Namun, apabila Anda memiliki satu-dua hal yang mengganjal, bisa tanyakan langsung via customer service sesegera mungkin.

Post Comment