7 Manfaat Senam Ibu Hamil Hingga Proses Melahirkan
Health Kesehatan

7 Manfaat Senam Ibu Hamil Hingga Proses Melahirkan

manfaat senam ibu hamil

Manfaat senam ibu hamil yang paling utama adalah membantu diri mempersiapkan proses kelahiran. Masa kehamilan merupakan momen yang sering mengakibatkan ibu merasa lelah seharian bahkan ingin berbaring terus menerus. Tetapi, ibu hamil yang tidak bergerak aktif juga bisa membahayakan kesehatan diri sendiri dan janin yang dikandung. Olahraga secara teratur bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh menjelang HPL.

Apa saja manfaat melakukan olahraga rutin untuk ibu yang tengah hamil? Berikut 7 manfaat yang bisa Anda dapatkan menerapkan senam ibu hamil secara rutin.

1. Membantu tubuh menyediakan energi

Hamil bukan suatu alasan untuk malas melakukan aktivitas harian. Lelah, anemia dan masalah kesehatan lain memang sering mendera para ibu hamil. Melakukan olahraga secara teratur bisa meningkatkan stamina kembali. Peningkatan kebugaran tubuh membuat ibu hamil memiliki lebih banyak energi untuk melakukan berbagai aktivitas harian.

2. Menurunkan risiko mengalami komplikasi kehamilan

Tahukah Anda bahwa terlalu lama duduk bisa menyebabkan ibu hamil mengalami risiko komplikasi kehamilan lebih tinggi? Ya, risiko komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi antara lain diabetes ibu hamil, preeklampsia, menjalani operasi caesar hingga keguguran.

Melakukan kegiatan olahraga seperti senam ibu hamil bisa meminimalisir risiko komplikasi kehamilan tersebut. Ibu hamil direkomendasikan untuk melakukan kegiatan olahraga rutin setidaknya tiga kali seminggu.

3. Membantu mengelola stress

Stress menjadi musuh ibu hamil yang mengalami perubahan hormon tidak menentu. Perubahan suasana hati yang cepat terkadang berdampak buruk pada mood sang ibu. Oleh sebab itu, manfaat senam ibu hamil bisa meningkatkan zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati yaitu serotonin. Peningkatan zat kimia ini ampuh merangsang ibu hamil memiliki perasaan dan suasana hati yang lebih bahagia.

4. Mengurangi rasa tidak nyaman selama masa hamil

Ibu hamil rentan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti konstipasi, perut kembung, sakit pinggang dan mengalami pembengkakan kaki. Pembengkakan kaki bisa saja dikarenakan posisi duduk yang salah.

Aliran darah tidak bisa mengalir secara sempurna ke seluruh bagian tubuh dan berkumpul pada organ kaki saja yang menyebabkan terjadinya pembengkakan. Anda wajib mempertimbangkan senam ibu hamil sebagai solusi kegiatan positif yang bisa mengurangi beberapa risiko ketidaknyamanan tersebut.

5. Membuat tidur yang lebih nyenyak

Olahraga rutin bisa membuat tubuh mudah lelah namun berdampak pada tingkat kebugaran yang baik. Anda bisa memiliki jam tidur yang lebih nyenyak karena efek lelah ini. Ibu hamil tetap bisa bangun pagi dan siap memulai aktivitas yang bisa meningkatkan produktifitas harian.

6. Membantu mempersiapkan kelahiran

Tubuh Anda butuh stamina prima untuk mempersiapkan masa kelahiran. Olahraga rutin bisa membantu ibu hamil terlatih mengeluarkan energi saat mengikuti senam hamil. Selain itu, senam ini bisa mengurangi risiko komplikasi kelahiran sang buah hati.

7. Membantu memperkuat otot setelah masa kelahiran

Anda bisa memiliki tubuh yang tetap bugar dan sehat setelah menjalani proses kelahiran sebab olahraga rutin telah membantu melatih otot bekerja lebih baik.

Selama menjalani masa kehamilan, senam ibu hamil juga bisa meredakan rasa sakit, meringankan nyeri akibat pertambahan tulang belakang, bisa menyehatkan jantung dan paru-paru. Selain itu, Anda bisa mencegah terjadinya diabetes ibu hamil yang berisiko meningkatkan berat badan berlebih atau melahirkan bayi dengan berat badan berlebihan. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan senam hamil kalau memiliki daftar riwayat penyakit tertentu.

Senam hamil dengan intensitas sedang selama 20-30 menit sangat bermanfaat untuk kesehatan diri dan buah hati. Anda bisa mengikuti kelas senam hamil atau melakukan olahraga sendiri di rumah. Yuk, dapatkan manfaat senam ibu hamil mulai sekarang demi mempersiapkan kelahiran si kecil!

 

Post Comment