Ketahui Manfaat Dari Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh
Health Kesehatan

Ketahui Manfaat Dari Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

 

Sebagai orang Asia Tenggara khususnya masyarakat Indonesia, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis bumbu masakan yang bernama bawang putih. Ya, bawang putih itu sendiri berfungsi untuk mempertajam aroma dan rasa pada sebuah masakan, sehingga menciptakan citarasa yang begitu menggugah selera. Mungkin, sebagian besar dari masyarakat kita hanya mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan saja. Padahal, bawang putih ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang manfaat bawang putih, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Dapat Mengobati Sakit Gigi

Banyak yang beranggapan bahwa lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Ya, anggapan tersebut memang benar adanya, dikarenakan kondisi sakit gigi ini dapat membuat ketidak berdayaan bagi para penderitanya. Bahkan, seekor singa yang gagah perkasa saja tidak sanggup menahan sakit gigi. Ada beragam factor yang menjadi penyebab dari timbulnya sakit gigi seperti jarang membersihkan gigi, konsumsi makanan manis secara berlebihan, gigi sensitive, dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu? ternyata bawang putih cukup efektif dalam mengobati sakit gigi tersebut lho. Pasalnya, bawang putih mentah memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab timbulnya sakit pada gigi. Mengenai cara pengobatannya, siapkan 1 butir bawang putih mentah, kupas kulitnya, kemudian tumbuk hingga hancur. Sisipkan bawang putihnya pada bagian gigi yang terasa sakit, dan diamkan hingga sakitnya mereda.

  1. Mengobati Sakit Flu

Selain ampuh dalam mengobati sakit gigi, ternyata bawang putih juga sangat ampuh dalam mengobati sakit flu. Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa bawang putih memiliki sifat antibakteri. Nah, kandungan antibakteri tersebutlah yang menjadi aktor utama dalam mengatasi masalah flu. Tak hanya itu saja, bawang putih mentah ini juga memiliki senyawa allicin yang dapat menangkal berbagai organisme penyakit lainnya. Soal cara pengobatannya, kamu hanya perlu mengonsumsi bawang putih mentah secukupnya.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Mungkin kalian juga akan setuju pada sebuah pepatah, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Menurut para pakar jantung terkemuka, mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dan teratur itu dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung. Pasalnya, bawang putih mentah memiliki senyawa aktif yang berfungsi untuk mengikis penumpukan plak pada arteri koroner, sehingga pembuluh darah yang memompa darah ke jantung akan berjalan lancar.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Sama halnya dengan penyakit jantung, penyakit kanker juga tidak kalah menakutkan lho! Berdasarkan dari hasil penelitian, bawang putih mentah memiliki kandungan senyawa sulfur bioaktif yang bertugas untuk menghambat perkembagan sel kanker dalam tubuh. Disamping itu, senyawa sulphur bioaktif tersebut juga bertugas untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan lain sebagainya.

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Kehebatan dari bawang putih berikutnya yang harus kamu ketahui, yakni dapat mengatasi masalah jerawat. Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan 3 – 4 buah bawang putih mentah, kupas kulitnya, kemudian tumbuk hingga hancur atau lembut. Oleskan masker bawang putih tersebut tepat pada bagian jerawatnya, diamkan kurang lebih sekitar 20 – 25 menit, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh, yang semoga saja ulasan tersebut berguna bagi kamu.

 

Post Comment