Pastikan Belanja Online Anda Aman dengan Cara Ini
Bisnis

Pastikan Belanja Online Anda Aman dengan Cara Ini

Saat ini toko online dan situs belanja online sudah mulai merebak dan mendarah bermunculan di masyarakat. Tak heran jika semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli barang secara online ketimbang secara offline atau langsung pergi ke toko. Dengan berbelanja di situs belanja online, banyak orang merasa lebih praktis dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan. Terlebih dengann adanya situs belanja online terpercaya seperti ilotte.com, membuat banyak orang tak ragu lagi dalam membeli berbagai produk seperti baju, sepatu, tas, hingga masker wajah secara online. Dewasa ini toko online dan situs web belanja online laris manis dibanjiri oleh para pelanggan. Tentu saja hal ini diiringi kenyataan bahwa banyak keuntungan yang didapat dari belanja online dibandingkan dengan belanja offline, keuntungan tersebut antara lain lebih hemat waktu dan tenaga, lebih murah dan ekonomis, serta lebih praktis. Namun dibalik kenyamanan belanja secara online, masih ada juga beberapa konsumen yang pernah dirugikan akibat berbelanja secara online. Kurangnya pengetahuan tentang seluk beluk belanja online ini yang membuat beberapa kalangan takut dan kapok belanja secara online.

Lantas bagaimana cara agar belanja online Anda aman? Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Belanjalah di situs belanja online terpercaya

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memastikan bahwa Anda memilih situs belanja online terpercaya sebelum bertransaksi. Pastikan Anda hanya membeli di situs atau toko online kredibel seperti ilotte.com. Sebelum Anda berbelanja dan melakukan transaksi secara online, Anda perlu memilih situs web atau toko online yang benar-benar kredibel dan terpercaya. Jangan sampai ada kesalahan dalam pemilihan toko online atau alamat situs sehingga Anda merasa tertipu. Jika Anda membeli produk atau barang dari penjual atau toko online yang kredibel, maka mustahil jika Anda menjadi korban penipuan. Oleh karena itu sebelum belanja Anda perlu mengecek terlebih dahulu kredibilitas dari toko online tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda dapat mengecek situs web penjual terlebih dahulu lalu mencari ulasan atau review-nya dari melalui Google.

  1. Teliti dalam membaca kebijakan situs

Jangan sampai Anda tergiur dengan segala penawaran muluk-muluk dari penjual di toko online. Oleh karena itu sebelum benar-benar jatuh cinta dengan sebuah produk dan kemudian membelinya, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu akan kebijakan toko online atau situs tempat jual beli tersebut. Mengenai kebijakan situs ini berhubungan dengan privasi Anda ketika melakukan transaksi dan memberikan data-data. Anda perlu memastikan bahwa data yang Anda berikan seperti nomor telepon, alamat, email dan lain sebagainya tidak tersebar ke publik kemudian disalahgunakan. Jika Anda sudah mengerti mengenai kebijakan privasi dari situs web tersebut, hal-hal buruk di kemudian hari dapat diminimalisir. Jadi pastikan Anda sudah membaca dengan jelas kebijakan dari situs web atau toko online sebelum membeli produk agar terhindari dari segala bentuk penyalahgunaan data.

Selain yang berhubungan dengan data, Anda juga perlu memastikan dan membaca baik-baik perihal kebijakan pengembalian barang jika terdapat cacat produk atau kesalahan pengiriman barang. Hal ini sangat diperlukan agar Anda tidak mengalami kerugian banyak ketika barang yang dikirim tidak cocok dengan apa yang Anda pesan.

  1. Baca deskripsi produk terlebih dahulu

Dalam belanja online, Anda perlu membaca deskripsi produk secara teliti sebelum benar-benar memesan produk atau barang. Hal ini penting karena Anda harus memastikan bahwa barang yang akan Anda beli benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Hal ini tentu berbeda dengan toko offline dimana Anda dapat memperoleh segala informasi dari pramuniaga. Deskripsi produk pun di setiap website bisa berbeda karena fitur yang ditawarkan pun tak sama. Jika deskripsi kurang jelas, Anda perlu waktu untuk bertanya pada penjual dan ini tentu membutuhkan waktu dan anda perlu bersabar. Terlebih anda tidak bisa melihat dan meraba secara langsung produk tersebut. Oleh karena itu selalu perhatikan deskripsi produk dan harga yang ditawarkan pada saat belanja online.

  1. Tidak tergiur barang murah

Siapa sih yang tak tergiur dengan barang yang murah? Semua orang menginginkan produk murah tapi berkualitas, namun saat berbelanja online jangan buru-buru tergiur dengan produk yang dijual murah. Anda perlu menggali informasi lain dari barang murah tersebut sebelum membeli, missal ada cacat produk, produk second, dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak semua barang yang murah terindikasi barang tipuan, namun tak ada salahnya untuk terus berhati-hati sebelum membeli. Oleh karena itu Anda perlu konfirmasi dan akhirnya tahu mengapa harga tersebut murah.

  1. Browsing dengan browser yang aman

Meningkatnya transaksi online beberapa tahun belakangan ini rupanya menciptakan modus kriminal baru yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang awam. Misalnya pencurian data-data pribadi melalui media browser Anda. Untuk itu pastikan bahwa website yang Anda kunjungi benar-benar aman dan terenkripsi dengan baik. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melihat tanda gembok yang ada di bar alamat website di browser anda. Informasi lainnya adalah perubahan alamat dari http menjadi https atau shttp yang menandakan website tersebut telah aman dari retasan pihak ketiga. Jika website tersebut aman, maka kemungkinan adanya penipuan menjadi minim.

  1. Gunakan antivirus yang kredibel

Jangan berpikir bahwa virus hanya menyerang data-data pribadi di laptop atau pc, namun virus juga dapat masuk melalui aplikasi browser yang Anda buka. Anda perlu menyiapkan antivirus terbaru untuk menghalau segala bentuk virus dari lalu lintas internet yang Anda jalankan. Dengan menggunakan cara ini setidaknya Anda sudah melakukan yang terbaik untuk melindungi perangkat Anda dengan antivirus terbaru supaya tidak ada oknum yang mencuri data-data penting Anda melalui virus.

  1. Jangan asal membayar

Saat membeli produk secara online, pastikan Anda memilih metode pembayaran yang aman supaya terhindar dari penipuan. Metode pembayaran yang sering digunakan untuk berbelanja online biasanya melalui transfer langsung ke pengguna. Tapi sebelum benar-benar mentransfer sejumlah uang, pastikan bahwa penjual atau toko online yang Anda tuju bukanlah penipu. Gunakan rekening bersama atau paypal juga bisa menjadi solusi agar lebih aman ketimbang biasanya. Atau cara yang lebih aman adalah menggunakan kartu kredit atau rekening Paypal. Jika Anda masih belum yakin juga, Anda dapat meminta penjual untuk bertemu secara langsung dan melakukan transaksi atau biasa disebut dengan cash on delivery.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar dapat tenang dalam berbelanja online. Semua proses di atas dapat memperkecil kemungkinan Anda untuk ditipu saat belanja secara online. Jika Anda cerdas dalam  berbelanja online, maka Anda dapat lebih tenang dan nyaman dalam melakukan segala bentuk transaksi.

Post Comment