Masih Banyak yang Salah, Ternyata Beginilah Cara Mencuci Mobil yang Benar

Jika kita menginginkan sesuatu, pasti kita akan berjuang mati-matian untuk mendapatkannya. Kita tidak lagi mengenal siang dan malam, panas maupun hujan. Memiliki mobil impian merupakan salah satu impian dengan perjuangan yang tidak mudah. Untuk itu, pasti kita akan berusaha merawat dan menjaganya agar mobil tidak cepat rusak dengan menerapkan cara mencuci mobil yang benar.

Mencuci mobil merupakan salah satu bentuk perawatan mobil agar mobil tetap bersih. Konon kebersihan mencerminkan kondisi si pemilik kendaraan. Jika kendaraannya bersih, maka si pemilik pun bisa dibilang peduli terhadap kebersihan dan menyukai pola hidup sehat. Sebaliknya, jika kendaraannya kotor, maka si pemilik pun dicap orang yang jorok dan pemalas.

Kebersihan kendaraan harus diperhatikan karena salah-salah dapat mempengaruhi kesehatan kita. Mobil yang kotor dan jorok biasanya terindikasi bakteri atau kuman yang suatu saat bisa menempel di tubuh kita. Tidak menutup kemungkinan tubuh kita akan terjangkit penyakit akibat dari kuman yang menempel di mobil. Maka dari itu, menjaga kebersihan mobil itu penting, selain membuat mobil leboh bersih, juga membuat kita terhindar dari penyakit.

Membersihkan mobil sebenarnya tidak ada teknik khusus, namun ada beberapa langkah untuk mencuci mobil dengan cara yang benar. Jika kita salah saat mencuci mobil, maka hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada mobil kesayangan kita. Maka dari itu, mari kita simak beberapa cara mencuci mobil yang benar.

  1. Hilangkan debu

Tahap pertama dalam mebersihkan mobil adalah membersihkan debunya terlebih dahulu. Jika debu yang menempel dibersihkan terlebih dahulu, maka mobil kita akan terhindar dari goresan halus. Bersihkan permukaan mobil dengan kain kering atau kemoceng.

  1. Keluarkan barang-barang dari mobil

Agar memudahkan kita dalam membersihkan mobil secara keseluruhan, disarankan untuk mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam mobil, seperti tempat sampah, baju-baju, payung, kotak obat, dan masih banyak lagi. Pastikan tidak ada sampah yang tertinggal, dengan begitu kita bisa leluasa dalam membersihkan mobil.

  1. Basuh mobil dengan air

Sebelum dicuci menggunakan sabun, lebih baik basahi terlebih dahulu mobil. Basahi mobil dengan menggunakan gayung, atau jika ingin lebih praktis bisa menggunakan selang air hingga kita tinggal menyemprotkannya ke seluruh permukaan mobil. Setelah itu, gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil agar mobil tetap aman.

  1. Gunakan Sponge atau kain halus

Untuk meminimalisir goresan pada mobil, maka disarankan untuk menggunakan sponge atau kain halus untuk mencuci mobil Anda. Cuci seluruh permukaan mobil anda secara perlahan-lahan hingga ke sela-sela yang tidak terlihat.

  1. Keringkan mobil dengan benar

Saat mengeringkan mobil, sebagian besar orang mengeringkannya di tempat yang panas. Namun hal itu sangat tidak disarankan. Menjemur mobil di tempat yang panas dapat memicu cat menjadi berjamur atau terkelupas.

Oleh karena itu, sebaiknya mobil ditempatkan di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung agar tidak membahayakan mobil. Kita bisa menggunakan lap halus untuk mengeringkannya atau biarkan kering dengan sendirinya.

  1. Gunakan polish

Agar cat mobil terlihat lebih mengkilap, kita bisa menggunakan polish untuk dioleskan di permukaan mobil. Caranya yaitu dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan mobil terkecuali bagian kaca. Dengan melakukan tahap ini, mobil kita akan terlihat seperti baru.

Demikianlah beberapa cara mencuci mobil yang benar. Ketika mobil dirawat dengan baik dan dijaga kebersihannya, hal ini akan membuat mobil lebih awet karena komponen-komponennya terawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *