Yuk Kenali 5 Penyebab Bau Badan Berikut Ini!

bau badan

Bau badan tau sering diistilahkan sebagai bromhidrosis ini nyatanya tidak hanya terjadi pada orang-orang tertentu saja. Masalah ini memang bukanlah hal yang baru lagi. Pasalnya, masalah yang satu ini menyerang pada laki-laki maupun perempuan pada semua usia. Bahkan hingga saat ini tidak ada obat yang dapat mengatasinya dengan waktu yang cepat.

Dibalik itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui jika bau badan ini bukan hanya disebabkan karena keringat. Dewasa ini seringnya orang berpikiran jika hanya keringat yang menyebabkan bau pada badan. Lebih dari itu, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab bau pada badan.

Penyebab Bau Badan

Adapun penyebab-penyebab tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Penyakit

Jenis penyakit tertentu pada dasarnya memang bisa menjadikan bau pada badan. Hal ini karena seseorang yang menderita penyakit tertentu biasanya akan memproduksi keringat yang berlebih dan mudah menciptakan bakteri yang menyebabkan bau pada tubuh.

Penyakit-penyakit seperti diabetes, leukemia, hipertiroidisme ini memanglah menjadikan penderitanya mengeluarkan banyak keringat yang akan menimbulkan bau pada tubuh.

  1. Perubahan hormon

Biasanya terjadi pada kalangan remaja yang telah melewati masa puber. Remaja yang mengalaminya cenderung berbeda dari sebelumnya. Mereka akan memiliki kelenjar keringat yang lebih aktif dari sebelumnya yang menjadikan produksi keringat menjadi berlebih.

Keringat yang dihasilkannya pun lebih banyak mengandung lemak atau berminyak. Karena inilah biasanya bakteri akan lebih mudah aktif berkembang biak dan menciptakan bau tak sedap pada tubuh.

  1. Obesitas

Orang-orang dengan berat badan yang berlebih atau obesitas cenderung memiliki bau pada badan yang menyengat. Hal ini dikarenakan mereka yang menderita obesitas memiliki banyak lipatan pada tubuhnya.

Lipatan-lipatan pada tubuh itulah yang tubuh menjadi mudah berkeringat. Dimana keringat yang seharusnya dikeluarkan secara bebas melalui pori-pori inilah karena adanya lipatan-lipatan tersebut menjadikan keringat tersumbat.

Sehingga, bakteri dan mikroorganisme akan lebih mudah berkembang dan aktif yang mengakibatkan timbulnya bau yang berlebihan pada tubuh.

  1. Toksin

Pada dasarnya, tubuh juga menyimpan racun atau toksin tersendiri. Hal ini yang menjadi masalah adalah ketika organ dalam tubuh tidak mampu mengatur toksin untuk dikeluarkan, maka yang timbul adalah racun akan lebih banyak berkumpul di dalam tubuh.

Racun yang tersimpan dalam tubuh lama kelamaan akan membuat saluran hati dan usus besar menjadi tidak terkontrol yang dapat mengakibatkan timbulnya aroma yang tidak enak keluar dari tubuh.  Hal ini dikarenakan organ dalam tubuh sudah tidak mampu mengontrol pengeluaran racun pada umumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, yang dapat dilakukan adalah melalui proses detoksifikasi. Proses detoksifikasi itu sendiri adalah proses dimana melakukan pembuangan racun yang mengendap dalam tubuh. Hal ini bisa dilakukan pada bagian organ hati, ginjal maupun usus besar.

  1. Pola diet yang salah

Diet yang dilakukan para perempuan memang haruslah terstruktur dengan baik. Apabila mereka melakukannya dengan pola yang salah, salah satu konsekuensinya adalah timbul bau pada badan.

Setiap tubuh memiliki unsur kimia yang tersendiri, sehingga apabila tidak dilakukan dengan berimbang terhadap jenis makanan yang dikonsumsinya, tentu akan menimbulkan bau yang keluar pada tubuh.

Misalnya saja makanan pedas, kopi, sayur maupun daging yang dikonsumsinya bagi orang yang tubuhnya tidak mampu memetabolisme tubuhnya dengan makanan-makanan tersebut, maka akan menyebabkan bau pada badan.

Beberapa penyebab bau badan di atas penting untuk diketahui agar Anda bisa melakukan pencegahan dini. Permasalahan bau badan tentu tidak bisa diremehkan, karena ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang, jadi pastikan tetap menjaga kebersihan diri serta senantiasa menerapkan pola hidup sehat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *